Al – Quran adalah kitab suci umat Islam. Al – Quran menggunakan bahasa Arab untuk di baca, dan huruf arab terdiri dari huruf-huruf hijaiyah. Oleh karena itu, agar kita dapat mengajarkan anak-anak kita membaca al-quran. Pertama-tama kita harus mengenalkan pada mereka huruf hijaiyah.

Seperti mempelajari bahasa Indonesia yang menggunakan huruf latin yang huruf-huruf tersebut tersusun dalam urutan yang disebut alphabet. Belajar bahasa Arab baik untuk digunakan dalam membaca al-quran maupun berkomunikasi verbal atau non verbal maka digunakanlah huruf Hijaiyah.

Huruf-huruf ini berjumlah 29 buah. Biasanya ditambahkan dengan huruf lam alif yang sebenarnya harfiah gabungan antara lam dan alif. Namun ini bisa disebabkan karena dalam transliterasi arab huruf alif tidak pernah di baca sebagai abjad, pun di berik harkat berubah menjadi hamzah.

Makhradj Hijaiyah

Jika pada huruf alphabet kita mengenal huruf-huruf vokal yang terdiri dari A I U E O didalam huruf arab hanya ada A I U atau biasa di sebut harkat yang terdiri dari :

  1. Fathah – untuk A
  2. Kasroh – untuk I
  3. Dhommah – untuk U

Ada cukup banyak hal yang perlu dipelajari untuk memahami huruf arab atau hijaiyah. Namun demikian jika anak kesayangan sudah terlatih dari kecil dan terbiasa, insyaallah dewasanya akan lebih mudah mengenal dan membaca Al- Quranul Karim.

Verdant Studio, Cilukba

Tinggalkan Balasan