Cicak-cicak di Dinding merupakan lagu anak-anak Indonesia yang populer dari zaman dahulu hingga saat ini. Lagu yang konon merupakan lagu ciptaan AT. Mahmud yang pertama ini terpatri di ingatan kita semua. Lagu anak-anak yang pendek dan ceria ini masih sering diajarkan oleh orang tua pada anaknya. Dan dinyanyikan bersama-sama di Taman Kanak-kanak.

Lagu yang singkat ini, sangat berkesan bagi anak-anak terutama karena memiliki lirik yang khas berbunyi “HAP” didalamnya. Sehingga tidak jarang, anak-anak kecil antusias menyanyikannya.

Meskipun singkat, lagu ini bagi banyak orang memiliki nilai filosofis yang sangat mendidik. Bagaimana seekor cicak yang hanya dapat merayap di dinding memburu rezekinya berupa nyamuk yang memiliki kemampuan untuk terbang.

Cicak merupakan reptil yang sering kita temui merayap di dinding rumah atau pohon. Binatang yang memiliki panjang rata-rata 10 cm ini merupakan kerabat dekat Tokek yang berukuran lebih besar. Kedua binatang ini termasuk suku Gekkonidae.

Cicak atau cecak di beri nama sesuai dengan bunyi yang dikeluarkannya “cak” cak” cak” yang dalam linguistik disebut Onomatop. Onomatop adalah pemberian nama pada sesuatu karna mengeluarkan suara demikian.

Di Bali, cicak disebut-sebut sebagai manifestasi dari Dewi Saraswati. Dewi Saraswasti merupakan Dewi yang melindungi lisan dan tulisan.

Reptil yang sering merayap di rumah ini terkenal biasa memakan serangga, terutama nyamuk.

Nyamuk merupakan serangga yang tidak disukai oleh manusia. Serangga yang suka menggigit, menyebabkan gatal, berisik dan sering membawa penyakit pada manusia ini justru merupakan makanan favorit dari cicak.

Namun demikian, nyamuk yang memiliki sayap untuk terbang ini adalah rezeki yang tidak pernah dikeluhkan oleh cicak. Meski cicak tidak dapat terbang, cicak dengan merayap berburu nyamuk untuk dimakan dengan sabar. Hal ini dapat kita jadikan motivasi bagi anak-anak, bahwa Allah SWT telah menyediakan rezeki untuk semua makhluknya. Tinggal bagaimana cara kita berusaha untuk mendapatkannya.

Dari cicak kita dapat belajar mengejar rezeki dengan tekun dan sabar, meskipun rezeki itu terlihat sulit untuk didapatkan.

Lirik Lagu Cicak-cicak di Dinding

Cicak-cicak di dinding

Diam diam merayap

Datang seekor nyamuk

Hap!!

Lalu ditangkap

Chord

C
Cicak-cicak di dinding
Dm             G    C
Diam-diam merayap
F                          C
Datang seekor nyamuk
G…                    C
Hap… lalu di tangkap

Semoga dengan lagu-lagu anak Indonesia yang populer seperti ini kita dapat mengajarkan hal-hal yang positif bagi generasi kita selanjutnya.

Sumber : Verdant Studio, Cilukba, LF Notes, Kapan Lagi

One thought on “Cicak-cicak Di Dinding

  1. Pingback: Tik Tik Tik Bunyi Hujan - Cilukba

Tinggalkan Balasan