Lagu Burung Kutilang pasti sudah tidak asing lagi di telinga anak Indonesia. Ya, lagu yang diciptakan oleh Ibu Soed ini menceritakan indah dan lucu tingkahnya.

Burung ini dikenal sebagai burung Bulbul secara Internasional. Burung kecil yang memiliki ukuran sekitar 20 cm ini hidup didataran tropis dan subtropis yang memiliki ketinggian 1600 m dari permukaan laut.

Burung ini juga memiliki sifat yang suka bersosialisasi. Burung ini kerap kita temui dialam terbuka bergerombol dengan kelompoknya. Namun demikian burung ini juga tidak masalah jika berada didalam kelompok yang lain.

Burung Kutilang

Burung ini juga sangat populer dikalangan para pecinta burung karena suaranya yang merdu. Burung yang terkenal suka bernyanyi ini disebut Cangkurileung di daerah Jawa Barat. Sedangkan didaerah Jawa yang lain, burung ini disebut sebagai Ketilang atau Genthilang.

Selain burung, kita juga menemukan pohon Cempaka pada liriknya. Pohon Cempaka sendiri merupakan jenis tanaman yang menghasilkan bunga yang cantik dan digemari para pencinta bunga. Selain indah, bunga dari pohon Cempaka terkenal sangat wangi dan semerbak.

Pohon yang termasuk jenis Magnolia ini dapat tumbuh hingga 30 meter lebih. Pohon Cempaka di Indonesia seringkali ditemui memiliki bunga yang berwarna putih. Meski demikian beberapa jenis juga memiliki warna yang berbeda-beda.

Bunga Cempaka sering kali menjadi hiasan kepala bagi calon mempelai wanita pada budaya pernikahan dibeberapa daerah.

Bunga Cempaka

Lagu ini memiliki beberapa ciri khas di antaranya,

  • Menggunakan irama ceria dan menarik

Irama ceria memang perlu diaplikasikan ke dalam sebuah lagu anak, karena biasanya anak akan langsung tertarik mendengarkan, menghafal dan mengingatnya.

  • Memiliki lirik sederhana dan mudah diingat

Dengan bahasa yang sederhana membuat lagu ini mudah diingat sehingga bisa melekat dalam benak anak-anak.

Lirik Lagu Burung Kutilang

Dipucuk pohon cemara
Burung kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari
Dengan tak jemu-jemu
Mengangguk-angguk sambil berseru
Tri li li .. li li li li li.

Sambil berlompat-lompatan
Paruhnya selalu terbuka
Digeleng-gelengkan kepalanya
Menentang langit biru
Tandanya suka ia berseru
Tri li li .. li li li li

Baca juga: Lihat Kebunku

Sumber: Kapanlagi. Wowkeren.

Tinggalkan Balasan